Pengamalan Pancasila Untuk Kemajuan Bangsa


  Senin, 04 Juni 2018 Berita Ditjenpdtu

Jakarta, ditjenpdtu.kemendesa.go.id – Seluruh jajaran pegawai baik ASN maupun Non ASN di lingkungan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal,  dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melaksanakan upacara bendera dalam untuk memperingati hari lahir Pancasila di halaman gedung Kemendes PDTT, Kalibata, Jakarta Selatan (1/6).

Peringatan 73 tahun lahirnya Pancasila yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Desa PDTT, Anwar Sanusi, mengambil tema “Memperkokoh Keteladanan Pancasila di Ruang Publik”.

Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945 dan dituangkan dalam Piagam Jakarta pada 22 Juni. Perumusan final Pancasila terjadi pada 18 Agustus 1945. Pancasila memegang peranan yang penting dalam pembangunan Indonesia.

Seperti yang dikatakan Anwar Sanusi dalam sambutannya, “Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh yang menjadi pondasi dibangunnya Indonesia bersatu, berdaulat adil dan makmur”.

Sebagai berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa, maka menjadi tugas dan tanggungawab kita agar pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita.

Untuk menjadikan Indonesia kuat, besar dan memimpin, penting bagi setiap warga negara untuk meneguhkan semangat untuk bersatu, berbagi dan berprestasi.

Peringatan hari lahir pancasila diharapkan jadi momen pengingat, pemacu dan aktualisasi nilai Pancasila. Setiap komponen bangsa harus terus mengamalkan warisan mulia para founding fathers dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu dilakukan untuk kemajuan bangsa dan menjadi sumbangsih Indonesia ke dunia, sehingga akan meneguhkan posisi bangsa Indonesia menuju bangsa yang jaya. (WST/CHM).