Tingkatkan Kinerja Anggaran, Ditjen PDTu Sinkronkan Data Dukung E Monev


  Senin, 04 Juni 2018 Kegiatan Ditjenpdtu

Jakarta, ditjenpdtu.kemendesa.go.id – Sebagai salah instrumen pengendali, monitoring dan evaluasi (Monev) sangat diperlukan untuk memastikan suatu program sesuai dengan jalur sebagaimana yang direncanakan. Monev juga bisa memberikan informasi mengenai hambatan dan penyimpangan pelaksanaan program, serta memberikan masukan dalam perencanaan program dan anggaran tahun berikutnya.

Dalam hal memonitor dan mengevaluasi kinerja, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi telah memiliki 2 aplikasi elektronik, yaitu e-monev yang dibangun oleh Pusdatin dan dashboard  kementerian yang merupakan media Menteri dan para pejabat eselon I untuk memantau semua kegiatan yang berjalan di tingkat Kementerian..

Rapat (4/6) yang dipimpin oleh Kepala Biro Perencanaan, M. Rizal tersebut membahas tentang rencana pengembangan e-monev yang akan ditempatkan di dashboard Kementerian. Hal ini ditujukan untuk mempermudah Menteri dalam memonitor dan mengevaluasi program dan anggaran kementerian.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan hambatan dan rencana kerja percepatan penyelesaian e-monev. Terkait dengan hal ini, diharapkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun mendatang, setelah terbit dapat segera diinput ke e-monev sehingga menjadi panduan pelaksanaan monitoring dan evaluasi. Adapun jika terjadi perubahan maka data harus segera disesuaikan. Oleh karena itu, disepakati untuk mengupdate data setiap hari terakhir kerja tiap minggunya.

Dengan perbaikan sistem monitoring dan evaluasi kementerian, M. Rizal berharap agar penyerapan anggaran tahun 2018 dapat meningkat dari tahun sebelumnya. “Penyerapan anggaran tahun 2017 sebesar 88,4%. Semoga di tahun 2018 dapat meningkat lebih dari 90%”, ujarnya.

Rapat dihadiri oleh perwakilan dari setiap UKE I diadakan di Ruang Rapat Eksekutif lantai 2 Kementerian Desa PDTT jalan TMP Kalibata . (WST/CHM).