Ditjen PDTu Ukur Keberhasilan Program Semester Pertama 2018


  Jumat, 29 Juni 2018 Kegiatan Ditjenpdtu

Jakarta, ditjenpdtu.kemendesa.go.id - Mendekati monitoring dan evaluasi bulan ke-6, Ditjen PDTu mengadakan rapat pengendalian yang bertempat di ruang rapat Balilatfo lantai 3 gedung utama Kementerian Desa PDTT Kalibata. Monitoring dan evaluasi atas kinerja anggaran di Kementerian atau Lembaga Negara dinilai sangat penting untuk mengetahui keberhasilan program-program kerja yang telah dibuat.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal PDTu mengapresiasi kekompakan masing-masing unit kerja dibawah Ditjen PDTu sebagaimana disampaikan oleh Menteri Desa. Namun demikian Johozua berharap agar masing-masing unit kerja dapat segera menyelesaikan paket-paket pekerjaan dengan lebih tertib. “Ketika anda diberikan kepercayaan, harus punya point lebih dari apa yang dimiliki oleh lingkungan yang sifatnya rata-rata. Kalau anda jadi orang rata-rata akan sayang karena anda tidak akan mengalami kompetisi yang seru dan drop perlahan-lahan.” ujarnya.

Monitoring dan evaluasi atas kinerja kementerian atau lembaga sangatlah penting untuk menilai akuntabilitas suatu lembaga. Monitoring dan evaluasi harus dilakukan untuk membuktikan dan mempertanggungjawabkan kepada masyarakat mengenai penggunaan anggaran yang dikelola. Selain itu, evaluasi ini diharapkan akan meningkatkan kualitas/produktifitas K/L tersebut. Oleh sebab itu, dengan mempelajari faktor-faktor pendukung atas pelaksanaan rencana kerja dari anggaran tahun sebelumnya dan sekarang, data dan informasi ini dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja kementerian di tahun-tahun berikutnya.

Pengawasan terhadap penyerapan anggaran tahun 2018 dinilai sangat mendesak karena DIPA tahun 2019 akan turun pada bulan Agustus. Sehingga jika program tahun 2018 tidak secepatnya dituntaskan maka dikhawatirkan akan terjadi penumpukan anggaran. Rapat yang dihadiri oleh pejabat eselon II, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan bendahara di lingkungan Ditjen PDTu. (WST/CHM)