Ditjen PDTu Sosialisasikan Administrasi Tata Naskah Dinas


  Senin, 02 Juli 2018 Kegiatan Ditjenpdtu

Bogor, ditjenpdtu.kemendesa.go.id -  “Setiap tahun memang ini (tata naskah dinas) harus diperbaharui mengikuti kondisi dan situasi yang ada di lingkup Kementerian”, ujar Aisyah, Sekretaris Dirjen PDTu dalam sambutan pembukaannya di kegiatan Sosialisasi Tata Naskah Dinas di Lingkungan Ditjen PDTu (29/6). Sehingga diharapkan semua pegawai di kalangan Ditjen PDTu memahami perubahan yang terjadi dalam peraturan tersebut.

Adanya Peraturan Menteri (Permen) tentang tata naskah dinas sangatlah penting. Seperti yang dijelaskan oleh narasumber Dwi Mudalsih, Arsiparis madya dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Permen diterbitkan untuk membakukan format naskah dinas sehingga jika terjadi pemalsuan ada pembuktian dari konteks, konten dan struktur untuk mengetahui keaslian dokumen.

Kegiatan ini digelar, terkait dengan terbitnya Permen Desa Nomor 5 tahun 2018 tentang Tata Naskah Dinas, sebagai pengganti dari Permendesa Nomor 17 tahun 2015. Dalam rapat tersebut juga dilakukan sosialisasi SAPTER (Sistem Analisa Pegawai Terpadu) sebagai pembaruan dari Sistem Informasi Manajemen Kinerja Pegawai (SIMKAPE) sebagai sistem monitoring kepegawaian di Ditjen PDTu.

Bertempat di Grand Savero Bogor, lebih kurang 40 peserta hadir dari para pegawai lintas unit kerja di Ditjen PDTu dan diselenggarakan selama 1 hari. (WST/CHM)