Tahun Masih Berjalan, Setditjen PDTu Rancang Anggaran 2019


  Selasa, 10 Juli 2018 Kegiatan Ditjenpdtu

Jakarta, ditjenpdtu.kemendesa.go.id - Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/ Lembaga (RKA/KL) disusun sebagai pedoman bagi masing-masing Kementerian/ Lembaga dalam menyelenggarakan kebijakan publik.

Saat ini sendiri sedang disusun RKA/KL untuk tahun depan. Pagu anggaran unit kerja sekretariat sendiri mengalami penurunan 16 % dibandingkan dengan pagu 2018. Dengan penurunan anggaran tersebut diharapkan rencana kegiatan dan anggaran dapat disusun lebih efektif, tepat guna dan akuntabel.

“Bagian-bagian diharapkan selektif dan menentukan skala prioritas dalam menyusun rencana anggarannya”. Ujar Aisyah Gamawati dalam pembukaan rapat penyusunan rencana kerja dan anggaran Ditjen PDTu yang berlangsung di Media Hotel (10/7). Aisyah juga menambahkan bahwa wajib hukumnya untuk melakukan efisiensi dengan mengurangi kegiatan-kegiatan yang kurang produktif. Fujiartanto, Kepala Bagian Perencanaan Ditjen PDTu menambahkan bahwa dalam proses perjalanannya nanti revisi hanya bisa dilakukan jika kegiatan benar-benar sudah tidak bisa dijalankan. dalam .

Proses penyusunan RKA/KL merupakan suatu proses yang panjang. Penyesuaian program/ kegiatan KL dilakukan dengan menyesuaikan Pagu Anggaran yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Keuangan serta hasil trilateral meeting dan multilateral meeting yang tertuang dalam aplikasi Krisna, serta koordinasi internal pada unit-unit kerja kementerian/ kelembagaan. Selain itu juga mempertimbangkan hasil evaluasi pelaksanaan program tahun sebelumnya dan tahun berjalan.

Setelah disusun, RKA/KL ditelaah oleh internal K/L melalui Inspektorat maupun Eksternal oleh Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Kementerian Keuangan dan Bappenas. Penelaahan terhadap RKAKL dilakukan untuk menentukan lokasi dan alokasi anggaran untuk membiayai kegiatan masing-masing K/L selama satu tahun anggaran. Penelaahan dilaksanakan dengan memperhatikan kesesuaian detail kegiatan yang dilaksanakan dengan output kegiatan dan sasaran program, kesesuaian besaran komponen input kegiatan dan output kegiatan dengan Standart Biaya (SB) yang terdiri dari Standar Biaya Masukan (SBM) dan Standart Biaya Keluaran (SBK) dan data dukung lainnya.

Penyesuaian dilakukan kembali terhadap RKA/KL setelah tahap penelaahan. Rapat koordinasi internal dilakukan kembali sampai akhirnya RKA/KL disetujui oleh DJA. Penyusunan RKA/KL Ditjen PDTu sudah sampai pada tahap penyampaian hasil revisi RKA/KL yang telah ditelaah oleh DJA. Kegiatan dilaksanakan mulai dari 9 s.d. 10 Juli 2018 yang dilaksanakan di Media Hotel. (WST/CHM).