Merauke Kini Miliki Peralatan Canggih Pendeteksi Bencana


  Senin, 23 Juli 2018 Kegiatan Ditjenpdtu

Merauke – ditjenpdtu.kemendesa.go.id,  Indonesia merupakan Negara Kepulauan dengan wilayah geografis yang beragam untuk setiap tempatnya. Atas dasar kondisi geografis tersebut tentunya selain keragaman hayati dan biota serta keragaman sosialnya tentu juga memiliki keragaman dari sisi jenis kebencanaannya.

Sebagai contoh, Kabupaten Merauke yang memiliki kekayaan laut menakjubkan merupakan salah satu kabupaten yang memiliki karakteristik kebencanaan seperti Tsunami dan Badai. Hal ini juga tertuang dalam Indeks Rawan Bencana tahun 2013 yang dirilis oleh BNPB, yang menempatkan kabupaten ini pada peringkat 160 dengan skor 170 yang dikategorikan sebagai daerah dengan tingkat kerawananan bencana tinggi.

Pada tahun 2017 lalu, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu (Ditjen PDTu), Direktorat Penanganan Daerah Rawan Bencana (Dit. PDRB), telah membangun Sistem Peringatan Dini (EWS)  Penanganan Daerah Rawan Bencana.  Lokasi penerima Fasilitasi tersebut terletak di beberapa Desa seperti Desa Buti, Desa Payum dan Desa Karang Indah Kecamatan Merauke, Kabupaten Merauke Papua.

“Kami membangun beberapa titik peninjau Early Warning System (EWS)/Sistem Peringatan Dini Bencana seperti Pemantau dan Pengukur tinggi permukaan air (sungai dan laut), Pemantauan curah hujan, base transceiver station dan base station controller”,  ujar Hasman Maani, Direktur Pengembangan Daerah Rawan Bencana. Hasman menambahkan bahwa alat pemantau dan pengukur tinggi permukaan air terbagi dua yaitu untuk Air Sungai dan Air Laut. “Untuk lokasi, kami tempatkan di desa Payum yang dapat mengukur air sungai, sedangkan untuk pemantau dan pengukur tinggi air laut terpasang di Desa Karang Indah karena berhadapan langsung dengan laut arafura” tambah Hasman. Sementara itu ia juga menegaskan bahwa perangkat EWS pengukur curah hujan di Desa Payum dan Desa Buti. Seluruh Alat Pengukur dan Pemantau tersebut dapat di pantau langsung oleh BPBD Kabupaten Merauke. (ATP/RSN/CHM)