Ditjen PDTu perkuat Kapasitas Sumberdaya Manusia melalui Budaya Berbagi


  Kamis, 13 April 2017 Berita Ditjenpdtu

Jakarta – Berbagi pengetahuan (knowledge sharing) merupakan elemen utama dari knowledge management di berbagai instansi baik swasta maupun pemerintah. Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Rizaldi Putra motivator budaya berbagi pada sosialisasi budaya berbagi di lingkungan Direktorat Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu yang berlangsung di The Media Hotel and Towers hari ini (11/3).

Lebih lanjut, Rizaldi memaparkan bahwa pengelolaan pengetahuan dan pembentukan kebiasaan berbagi diantara pegawai di lingkungan kerja akan membentuk wawasan organisasi yang nantinya akan memberikan pengalaman belajar bagi setiap pegawai didalamnya.

“Instansi maupun lembaga yang menerapkan KM dengan baik, biasanya memperlihatkan keunggulan yang bersifat kolaboratif, menyebabkan peningkatan kinerja organisasi dan penciptaan nilai” imbuhnya. Fokus utamanya adalah pada manusia, yaitu menghubungkan orang dengan orang, dan orang-dengan konten.

Untuk dapat sukses dan mencapai keunggulan kompetitif, berbagi pengetahuan membutuhkan budaya organisasi yang mendukung dan memfasilitasi segala bentuk kolaborasi seperti halnya pada komunitas praktisi (community of practice). Instansi maupun lembaga yang unggul biasanya dapat mendemonstrasikan nilai kolaborasi dalam bentuk inovasi dan pengembangan karakter pada masing-masing individu.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Direktorat Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu, Aisyah Gamawati menambahkan, kegiatan ini tidak hanya menyediakan wawasan berharga tentang cara menciptakan dan mempertahankan lingkungan berbagi pengetahuan yang proaktif, tetapi juga memberikan bekal kepada para Unit Eselon I, Eselon II, Eselon III dan Eselon IV serta Staf ASN maupun Non ASN dilingkungan Ditjen PDTu agar mampu membangun budaya berbagi Informasi dan pengetahuan  yang merupakan basis dari knowledge sharing yang bersifat kolaboratif.

“Kami menyiapkan sebuah tools yang dapat memfasilitasi para pegawai untuk memulai budaya berbagi dengan membangun sistem knowledge management dan menyediakan payung hukum terkait pelaksanaannya”, tutup Aisyah. (chm/rcm)