Tingkatkan Budaya Kinerja, Kemendes PDTT Sosialisasikan Permendes Akuntabilitas Kinerja


  Senin, 14 Mei 2018 Kegiatan Ditjenpdtu

Jakarta, ditjenpdtu.kemendesa.go.id - Ditjen PDTu Kemendes PDTT menghadiri sosialisasi Permendesa Nomor 22 tahun 2017 tentang Pedoman Penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja di lingkungan KDPDT. Bertempat di Ruang Rapat Eksekutif Gedung Utama Kalibata acara dihadiri oleh para pejabat eselon I dan II Kementrian Desa PDTT dan mendatangkan narasumber dari Kementerian PAN RP, Ananda Juarsa (9/5) lalu.

Hasil evaluasi akuntabilitas kinerja Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tahun 2017 mengalami peningkatan. Penilaian akuntabilitas kinerja tersebut meningkat dari 60,95% di tahun 2016 menjadi 61,79% di tahun 2017. Peningkatan tersebut dirasa belum optimal.

Salah satu upaya untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja kementrian dengan penyusunan pedoman penerapan sistem akuntabilitas kinerja (SAKIP) melalui Permendesa Nomor 22 tahun 2017 tentang Pedoman Penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja di lingkungan KDPDT. Seperti yang disampaikan M. Rizal, Kepala Biro Perencanaan, “Maksud dan tujuan penyusunan pedoman penerapan Sakip adalah untuk mendukung pelaksanaan reformasi Birokrasi dan mewujudkan akuntabilitas serta transparansi kinerja”.

Instrumen dari SAKIP diharapkan dapat menjadi sistem untuk memperbaiki proses-proses pengambilan keputusan, mulai dari perencanaan sampai evaluasi. Dengan adanya SAKIP, kinerja dari kementrian dapat berjalan efektif dan efisien serta dapat digunakan untuk mengetahui dan mengukur tingkat keberhasilan dari setiap level pimpinan.

 Dengan adanya pedoman penerapan SAKIP di Kemendesa diharapkan mandat Menteri Desa untuk menaikkan RB dan beharap tukin kementerian Desa PDTT naik menjadi 90% bisa terwujud. “Diperlukan komitmen dan kesanggupan untuk meningkatkan kinerja Kementerian ini” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Desa PDTT, Anwar Sanusi, menutup acara (WST/CHM).