Silaturahmi Dengan Warga Desa, Kemendes PDTT Gelar Jelajah Desa Ramadhan 2018


  Kamis, 31 Mei 2018 Berita Ditjenpdtu

Majalengka, ditjenpdtu.kemendesa.go.id - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Tranmigrasi (Kemendes PDTT) menggelar Jelajah Desa Ramadhan 2018 (JEDER) sebagai ajang silaturahmi dengan warga desa sekaligus mensosialisasikan serta memantau kinerja pelaksanaan dana desa.

JEDER 2018 dipimpin langsung oleh Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo yang diawali pada 30 Mei sampai 1 Juni mendatang. Menjelajahi lima kabupaten di propinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah, Desa Jatisusa, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka menjadi lokasi pertama yang disambangi.

Disambut seni obrong-obrong, Menteri Eko bersama dengan rombongan tiba pukul 02.40 WIB di Jatiwangi Art Factory (JAF). Lokasi ini dipilih karena JAF dinilai sebagai bukti nyata keikutsertaan generasi muda dalam mewujudkan ekonomi kreatif dengan menonjolkan seni dan budaya. Menteri Eko sendiri menyoroti pentingnya pemuda dalam membangun desa.

“Indonesia dari awalnya terbentuk dan maju karena semangat para pemuda. Itu akan lebih maju jika kreativitas tidak dikekang. JAF pun menerapkan prinsip tersebut dan berhasil” ujar Menteri Eko dalam dialognya.

Eko menjelaskan, saat ini Indonesia berada di peringat 16 besar perekonomian dunia dan diprediksi akan naik ke peringkat 5 besar dunia pada tahun 2050. Hal tersebut akan terwujud jika anak mudanya dibebaskan sekreatif mungkin berperan dalam pembangunan desa. Ia juga berharap agar JAF mampu menjadi inspirasi desa-desa lain untuk berkarya kerena kemajuan teknologi membuat pergeseran sektor industri pedesaan yang cenderung ke pertanian, perkebunan dan perikanan lebih ke sektor industri kreatif.

Setelah sahur bersama rombongan Jeder beralih ke di pesantren Al-Mizan untuk melaksanakan shalat subuh berjamaah. Di pesantren ini, diserahkan bantuan berupa 500 Al Quran dan bantuan permodalan warung santri. Selain itu, diadakan pula 2000 paket pasar murah, pemberian bantuan secara simbolis untuk embung dan desa wisata serta ziarah ke makam KH. Abdul Chalim.

Acara turut dihadiri oleh Wakil ketua MPR Muhaimin Iskandar dan didampingi oleh salah satu pendiri JAF, Arief Yudi.  Dari Majalengka, Jelajah Desa Ramadhan 2018 dilanjutkan ke kota Cirebon, Kuningan, Demak dan berakhir di Kota Kudus. (WST/CHM).