Ditjen PDTu Kumpulkan Data Data Terkait Penanganan Konflik Sosial


  Kamis, 06 Februari 2020 Berita Ditjenpdtu

Jakarta (6/2), Direktorat Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu gelar pertemuan dengan 13 kabupaten dalam rangka pengumpulan data dan evaluasi kegiatan tahun 2019. “Saya mengharapkan bapak dan ibu yang ada disini dapat memberikan memberikan data-data mengenai dampak dan keberhasilan atas program-program penanganan konflik sosial yang telah dilaksanakan oleh Ditjen PDTu pada tahun-tahun yang lalu” ucap Dirjen PDTu Aisyah Gamawati.

Aisyah juga menegaskan bahwa kegiatan yang akan berlangsung sampai dengan jumat esok ini dapat juga memberikan masukan-masukan mengenai upaya-upaya penanganan konflik sosial secara keseluruhan baik dari deteksi dini sampai dengan penanganan pasca konflik. “Bahkan bapak dan ibu dapat pula mengusulkan upaya-upaya penanganan konflik sosial dengan menggunakan instrumen dana desa” sambung Aisyah. Namun ia tetap mengingatkan bahwa ini harus tetap dengan koridor usulan yang harus dilakukan melalui musyawarah desa yang disepakati bersama oleh seluruh pemangku kepentingan di desa masing-masing.

Kegiatan dihadiri oleh perwakilan OPD Kesbangpol Linmas dari Kabupaten Sumbawa, Malaka, Situbondo, Timor Tengah Selatan, Belu, Halmahera Barat, Manggarai, Bima, Parigi Moutong, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Dompu dan Sorong. Hadir pula sebagai narasumber, Wariki Sutikno, Direktur Politik dan Komunikasi Bappenas, Sri Yanuarti Peneliti LIPI, dan Mujtabah, Direktur Wahid Foundation.