Kemendes PDTT dan BRI Siap Kerjasama Membangun Ekonomi Perdesaan


  Jumat, 13 Maret 2020 Kegiatan Ditjenpdtu

Kamis (12/3) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi melakukan pertemuan dengan Wakil Direktur Bank Rakyat Indonesia beserta jajaran terkait untuk menindaklanjuti pertemuan Menteri Desa PDTT dengan Direktur Utama BRI beberapa hari sebelumnya.
-
Agenda yang dihadiri oleh Aisyah Gamawati, Dirjen PDTu, Taufik Madjid, Dirjen PPMD, dan M. Nurdin, Dirjen PKTrans ini bertujuan untuk mensinergikan program pemberdayaan UMKM di desa antara Kemendes PDTT dan Bank BRI.
-
Kemendes PDTT dan BRI sepakat bahwa pengembangan kapasitas SDM Bumdes perlu ditingkatkan sampai standarisasi manajemen pengelolaan organisasi, usaha dan keuangan. Pertemuan lanjutan juga akan diagendakan kembali untuk membahas hal-hal yang lebih rinci
-
Pihak BRI sendiri menyampaikan bahwa sampai dengan saat ini telah melakukan kerjasama dengan kurang lebih 9 ribu BUMDesa melalui BRIlink, dan telah mempunyai 422 ribu agen BRIlink kepada warung2 di Indonesia.
-
Disisi lain BRI juga mempunyai berbagai macam aplikasi di masyarakat yang dimungkinkan dapat diintegrasikan dengan sistem Kemendes PDTT.